1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Acara Hardiknas di Lippo Mall jadi ajang kampanye bahasa Indonesia

Editor: Hery Hardjo Winarno  21 Mei 2017 15:36
Bahasa bersifat dinamis seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat pun diharapkan berpartisipasi menambahkan kosa kata baru yang baku.

Merdeka.com, HARDIKNAS - Badan Pengembangan dan Pembinaan (PP) Bahasa Kemendikbud turut berpartisipasi dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat, 18-21 Mei 2017. Menurut Kepala Badan PP Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar, Bahasa Indonesia menjadi salah satu faktor penting bagi persatuan Indonesia.

"Coba bayangkan kalau tidak ada bahasa Indonesia, bagaimana komunikasi kita? Tidak ada. Jadi, bahasa ini sebagai bahasa negara, merupakan perekat utama bangsa ini. Jadi, jangan main-main dengan urusan bahasa negara ini," kata Kepala Badan PP Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar, Minggu (21/5).

Dalam stand tersebut, Badan PP Bahasa yang memiliki 30 Balai Bahasa se-Indonesia memamerkan profil dan layanan bahasa dari tiap unit utama. Badan PP Bahasa pun mengadakan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) bagi para pengunjung yang ingin mencoba mengetahui kemampuannya dalam bahasa Indonesia. Kamus-kamus pun bisa didapatkan di sini.

Selain itu, mengingat bahasa bersifat dinamis seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat pun diharapkan berpartisipasi menambahkan kosa kata baru yang baku dan benar ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Tujuan lain dibukanya stand tersebut dalam acara bertajuk 'Harmoni Bersama Masyarakat' itu, untuk mendorong penggunaan bahasa Indonesia dalam seluruh dimensi kehidupan, termasuk iklan di ruang publik yang kerap mengadopsi bahasa asing.

"Bukan kami antibangsa asing. Gunakan dulu bahasa negara dulu, baru bahasa asing di bawahnya yang lebih kecil, silakan. Tapi, utamakan bahasa negara," imbau Dadang.

KOMENTAR ANDA

Join Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan