1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Kemendikbud gandeng dua asosiasi masyarakat terkait peran keluarga

Editor: Haris Kurniawan  23 Mei 2017 12:18
"Di sini lah, kita ingin membuat negara hadir di dalam urusan anak usia dini dan 1000 hari pertama anak lahir," kata dia.

Merdeka.com, HARDIKNAS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) dan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Keluarga dengan tema Peningkatan Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak pada 21 hingga 23 Mei 2017.

"Sesuai dengan asas tri pusat pendidikan, sektor keluarga, masyarakat dan sekolah saling bersinergi dan simultan berpengaruh terhadap pendidikan terutama bagi anak usia dini dan 1000 hari pertama anak hidup," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat pembukaan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (22/5).   
 
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen PAUD-Dikmas Kemendikbud), Harris Iskandar menjelaskan, saat ini antusiasme masyarakat, termasuk TP PKK, sangat tinggi terhadap pendidikan bagi anak usia dini, melalui Taman Kanak-Kanak (TK), Paud, dan Tempat Penitipan Anak (TPA).  
 
Secara struktural, Mendikbud menambahkan, PAUD, TK dominan dibina oleh masyarakat, termasuk TP PKK.

"Dari 192.000 PAUD, TK yang ada di Indonesia, baru terdapat 4000 satuan pendidikan TK dan PAUD binaan pemerintah, kebanyakan milik masyarakat, termasuk ibu-ibu PKK ini," ujar Menteri Muhadjir.  
 
"Di sini lah, kita ingin membuat negara hadir di dalam urusan anak usia dini dan 1000 hari pertama anak lahir," kata dia.
 
"Semoga seminar ini dapat menghasilkan informasi baru dan dapat menggerakan elemen PKK sehingga mempercepat pendidikan anak usia dini," dia menambahkan.

Sebanyak 406 perwakilan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia turut berpartisipasi. Materi seminar meliputi Integrasi Pendidikan Keluarga dengan Kebijakan TP PKK oleh Erny Guntari Tjahjo Kumolo, Peningkatan Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Karakter dan Budaya Prestasi oleh Dirjen PAUD dan Dikmas Harris Iskandar, Pengasuhan Positif oleh Suryan Widati, Menumbuhkan Karakter Anak Sejak Dini oleh Farrah Dina, Pendampingan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter di Lembaga PAUD oleh Siti Atikoh Supriyanti Ganjar Pranowo, dan Perkembangan Anak pada 100 Hari Pertama Kehidupan oleh Rini Sekartini.  
 
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemendikbud Wida Muhadjir Effendy pun turut menghadiri Pembukaan Seminar Nasional ini. (rep/ES)

KOMENTAR ANDA

Join Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan