1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Kemendikbud: Pendidikan makin tinggi bangsa semakin mahal

Editor: Hery Hardjo Winarno  21 Mei 2017 13:03
kemendikbud memberitahukan bahwa pendidikan itu tanggung jawab bersama keluarga, masyarakat dan pemerintah untuk membangun bangsa.

Merdeka.com, HARDIKNAS - Harmoni Bersama Masyarakat (HBM) dengan tema 'Bergerak Bersama Bangsa' memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (21/5). ‎Tema tersebut untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa pendidikan semakin tinggi maka nilai bangsa ini semakin mahal, dan kalau jika pendidikan rendah jangan harap bangsa ini bisa maju.

‎Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Nurjaman. Dengan mengangkat tema tersebut pihaknya ingin memberitahukan bahwa pendidikan itu tanggung jawab bersama keluarga, masyarakat dan pemerintah untuk membangun bangsa.

"Tema Bergerak Dengan Bangsa artinya pendidikan itu tanggung jawab bersama keluarga, masyarakat dan pemerintah untuk membangun bangsa. Kita yakin bahwa bangsa dan negara ini hanya bisa di bangun dengan pendidikan, maka semakin tinggi pendidikan semakin tinggi juga nilai bangsa ini. Lalu semakin rendah pendidikan maka maka jangan harap bangsa ini akan lebih maju, maka kami bergerak bersama masyarakat untuk kemajuan bangsa dengan utama kami adalah tema Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas," kata ‎Nurjaman di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Minggu (21/5).

Menurut Nurjaman acara HBM ini merupakan rangkaian dari Hardiknas yang dilaksanakan full 1 bulan yakni bulan Mei 2017.

"Acara ini bagian dari rangkaian acara Hardiknas, jadi kami dari Kemendikbud melaksanakannya full penuh satu bulan Mei di setiap weekend berbarengan dengan Car Free Day," kata dia.

Seperti diketahui, Bulan Mei ini Kemendikbud meriahkan Hardiknas sebulan full mulai dari tanggal 30 April, diselenggarakan oleh Setjen dan Itjen,‎ kemudian pada 7 Mei diselenggarakan oleh Ditjen PAUD Dikmas dan Ditjen Kebudayaan,lalu tanggal 14 Mei diselenggarakan oleh Balitbang dan Ditjen Dikdasmen, terakhir tanggal 21 Mei diselenggarakan oleh Ditjen GTK dan Badan PP Bahasa.

"Nah hari ini merupakan kegiatan yang terakhir yang diselenggarakan oleh Ditjen GTK dan Badan PP Bahasa," ucap dia.

Selain itu, kata dia cara hari ini melibatkan masyarakat dan guru-guru se-Jabotabek dan komunitas Satu Guru Satu Buku (Sagusabu).

"‎Yang terlibat seluruh unit, ada masyarakat dan guru-guru se-Jabotabek, dan di sini juga berkumpul komunitas guru menulis dari seluruh Indonesia yang hadir 250 kemarin mereka mengadakan pameran di Puri Mall sekitar 200 judul buku yang sudah diterbitkan oleh para guru di sini juga hadir dari PGRI," katanya.

KOMENTAR ANDA

Join Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan